Skip to main content

PENGALAMAN KLAIM JHT BPJS KETENAGAKERJAAN YANG SUSAH

Pada kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya daftar antrian online klaim Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Bagaiamana Tipsnya dan apa yang sudah saya lakukan serta apa hasilnya? semoga tulisan yang singkat ini dapat membantu teman teman seperjuangan dalam mendapatkan haknya di tengah wabah COVID 19 dan ditengah PHK besar besaran sekarang ini.

Pada tulisan ini saya akan memberikan tips cara daftar antrian online, jam daftar antrian online, dan apa langkah nya setelah berhasil daftar. Namun sebelum itu ikuti dulu langkah langkah yang sudah saya lakukan sebagai berikut.

Langkah langkah daftar antrian online klaim JHT bpjs ketenagakerjaan
1. Install aplikasi BPJSTKU lewat ponsel
2. Isi daftar sesuai dengan kolom yang tersedia, username dan password
3. Log in
4. kemudian klik tombol di ujung kanan atas dengan tulisan Antrian Online
5. Isi kolom yang tertera seperti NIK, KPJ, Nama, Nomor HP, Email, Wilayah Pelayanan dan Cabang Pelayanan.
isian saat mendaftar antrian online 

Biasanya saya hanya terhenti sampai  "Wilayah Pelayanan" karena setelah saya pilih "Cabang Pelayanan", ada tulisan maaf antrian penuh sehingga saya tidak bisa melanjutkan pendaftaran sampai pada kolom "Tanggal Pengajuan Klaim". Namun apa yang saya lakukan? saya tidak berhenti disini. 
jika kuotas sudah terpenuhi maka jawabannya adalah maaf antrian penuh

Hipotesis saya mengatakan bahwa karena saking banyaknya yang daftar, maka yang log in tentu saja banyak, apalagi di Kota Jakarta dengan jumlah jutaan tenaga kerja yang mau klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan, ditambah lagi situasi COVID yang melanda tentunya orang orang banyak membutuhkan biaya serta banyaknya berita PHK pegawai perusahaan sehingga yang melakukan log in secara bersama sama membuat traffic menjadi ramai. Pastinya sulit untuk tembus, hanya sebagian kecil saja yang berhasil.

Lalu dengan hipotesis saya di atas, apa yang saya lakukan?

1. Cari referensi di Internet 
Saya melakukan pencarian referensi di internet untuk mendapatkan Tips daftar antrian online. Setelah saya cari dan baca-baca ternyata saya tidak banyak menemukan tips, yang saya temukan adalah banyak yang gagal daftar. Hal ini yang mendasari saya untuk menuliskan di blog ini apa saja tipsnya, supaya bisa membantu teman teman yang sedang ingin klaim JHTnya. 

2. Saya daftar menggunakan 2 handphone sekaligus
dengan harapan akan tembus salah satunya, saya log in menggunakan 2 perangkat seluler sekaligus, menggunakan HP saya dan Tab istri, namun Cara ini tidak berhasil, ketika saya log in, hasil yang muncul tetap sama. Maaf antrian Penuh. CARA INI TIDAK BERHASIL

3. Variasi Jam Log in antrian online
Selama 2 minggu saya melakukan log in daftar antrian online terus menerus setiap harinya, saya variasikan waktu log in mulai dengan jam kerja kisaran jam 8 pagi, kemudian jam 10 pagi. Saya coba lagi di kisaran jam 16 dan jam 18 sore namun jawabannya tetap sama. Maaf Antrian Penuh. Saya pernah coba daftar antrian online ini jam 1 malam, kemudian jam 3 pagi, jam 4 pagi, jam 5 pagi dan jam 6 pagi. namun hasilnya tetap sama. Setiap hari dari hari Senin ketemu Senin. namun saya menemukan suatu saran bahwa LAKUKAN LOG IN PADA HARI SENIN - JUMAT saja mulai pukul 5 pagi. Nanti kita akan menemukan ada slot tanggal yang kosong di kolom "Tanggal pengajuan online". Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini dengan keterangan "sedang proses"
gambar sedang proses, mencapai tahap ini sudah selangkah lebih maju
 Setelah muncul gambar ini, ada setitik harapan tapi saya terus mencoba ke langkah selanjutnya.

4. Masalah Koneksi yang lamban sehingga saya pasang Indihome
Awalnya saya menggunakan provider IM3 untuk paket internet di handphone, namun saya yakin bahwa dengan lambatnya kecepatan internet yang saya miliki pasti akan kalah dengan yang lainnya. Sehingga saya berinisiatif untuk menggantinya dengan wifi Indihome. Setelah saya coba, kecepatan loading HP saya menjadi cepat. namun cara ini bisa di siasati dengan menngunakan wifi teman/yang lainnya/ provider telkomsel yang lebih stabil, walaupun sama saja tetap muncul gambar loading dengan tulisan sedang proses, saya meyakini ini juga berpengaruh.

Langkah selanjutnya yang saya lakukan yaitu 

5. Datangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan yang ada di Rawamangun karena dekat dengan tempat tinggal saya, dengan harapan untuk mendaftar secara manual saja, ambil antrian. Saya datang pukul 5 lewat, disana saya bertemu dengan satpam. Ternyata pada saat wabah corona begini, tidak ada pembagian nomor antrian, hanya menerima pendaftaran secara online saja. Namun Pak satpam memberitahukan ke saya bahwa daftar saja jam 07 pagi. Baik pak akan saya coba jawab saya dan saya pulang dengan perasaan hampa.

5. Saya daftar Sekali lagi sepulang dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Terakhir, senin ini pada saat nulis blog, saya log in daftar antrian online mulai jam 6 sampai jam 7 pagi, selama 1 jam tersebut saya mencoba beberapa kali log in, menunggu proses loading yang bertuliskan sedang proses. Atas saran bapak satpam tadi, tepat pukul 07.00 saya log in ulang, dan Alhamdulillah BERHASIL, saya langsung di arahkan untuk pilih jam kedatangan. kemudian mengisi chapta dan berhasil mendapatkan email balasan.  

Kesimpulan saya yaitu : Daftar di hari kerja, senin s/d jumat tepat pukul 07.00 dengan menggunkan provider internet yang cepat dan stabil. Insya Allah berhasil.

6. Setelah terima email dari BPJS ketenagakerjaan 
yang harus dilakukan yaitu mengirimkan scan Kartu peserta, scan KTP, scan KK, scan Buku rekening, Surat berhenti bekerja dan foto diri. Kemudian kirim ke email yang diberikan dengan format sesuai petunjuk. Saya karena memilih datang tanggal 29 April 2020 maka saya belum bisa menuliskan apa yang dilakukan setelah saya datangi kantor bpjs ketenagakerjaan. 

Sampai disini dulu penjelasan dan tips saya, semoga Allah memudahkan urusan kita semua. Yakinlah Bahwa Allah yang memudahkan urusan kita karena kewajiban kita adalah hanya ikhtiar.   

UPDATE Tanggal 29 April 2020
Perkembangan Kalim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Pada pagi hari tanggal 29 April pukul 05.30 kami mendapatkan email yang menyatakan bahwa Verifikasi telah berhasil dan saya harus melakukan konfirmasi ulang selalui nomor WA yang diberikan pada WA.
Email tersebut menyatakan bahwa :
"Berkas sudah terverifikasi dan lengkap, harap chat ke nomor WA 081xxxxxxxx dengan format nama lengkap _no.kartu. lalu kita akan melakukan video call untuk verifikasi keaslian dokumen. Kita akan menungu sampai jam 11.00 WIB, jika tidak ada chat masuk dan video call tidak bisa dijalankan, silahkan registrasi online kembali".

Dari email tersebut dapat saya jelaskan bahwa saya tidak perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan namun cukup dilakukan video call saja.

Kemudian tepat pada pukul 10 kami mendapatkan video call dan meminta secara live untuk saya menunjukkan kartu BPJS asli, KK asli, KTP asli, dan surat keterangan berhenti dari pekerjaan. Pada akhir video call, saya diminta agar kartu BPJS ketenagakerjaan saya di gunting. Semua komunikasi tersebut di rekam/di foto oleh pihak BPJS ketenagakerjaan untuk validasi tersebut. Adapun pencairannya membutuhkan waktu 1 - 4 minggu.

Demikianlah pengalaman saya dalam melakukan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest