Skip to main content

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta
Oleh : Ahmad Mawardi
Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A
Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA.
Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA
A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS

Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semester untuk semua level yang sebelumnya gratis. Kursus ini dibagi menjadi beberapa level, dengan durasi pertemuan per levelnya 12 pekan dan lama belajarnya 4 jam yang diselingi dengan istahat antar jam pelajaran.
Brosur penerimaan kursus bahasa arab di Lipia tahun 2018
Hari Sabtu pagi, pertama kali saya datang ke kampus ini untuk mendaftar. Lokasi pendaftaran terletak di dalam Masjid kampus. Alur pendaftarannya yaitu pada saat masuk masjid, seluruh calon peserta mengisi biodatata dilampirkan copy ktp, copy ijazah dan pas foto yang diserahkan ke panitia, kemudian oleh panitia data diinput ke dalam komputer dan dilanjutkan dengan proses pembayaran, pembayaran dapat dilakukan dalam bentuk cash maupun transfer. Setelah itu kami konfirmasi pendaftaran pada nomor WA yang diberikan. Pendaftaran selesai dan kami tinggal tunggu konfirmasi kapan dimulai pelajarannya. 
Masjid Kampus Lipia tempat pendaftaran
Beberapa hari berselang, ada WA yang masuk berisikan pembagian nama dan kelas. Berdasarkan daftar pembagian kelas yang dikirimkan, total Peserta Kursus yang diterima pada tahun 2018 angkatan TA 1438-1439 ini adalah 166 peserta yang dibagi menjadi 5 kelas. pada masing masing kelas terisi sekitar 33-34 peserta. Peserta kursus pun dari beragam usia dan latar belakang, ada yang usia 17 tahun sampai usia 50an tahun.

B. PROSES SETELAH KURSUS DIMULAI
Jadwal kursus yaitu hari sabtu dan ahad pukul 07.30 - 11.45 yang dimulai tanggal 17 Februari 2018. Pada pertemuan pertama ini saya menyusuri ruang kelas 1A sesuai dengan pembagian yang sudah diberikan. Berdasarkan petunjuk nama yang tertera di depan kelas, lokasinya ada di lantai 3 pojok kanan, Ruangannya luas  dan nyaman sekali dengan fasilitas yang memadai meliputi projector, mic, monitor dan podium pengajar. 
Tepat Pada pukul 08.30, kami kedatangan seorang syaikh yang memandu kami serta memperkenalkan dirinya sebagai pengajar di LIPIA, Namanya syaikh ahmad. Beliau memandu kami untuk saling memperkenalkan satu sama lainnya, beliau berasal dari Sudan, bergelar doktor namun belum bisa berbahasa Indonesia. Oya semua bahasa pengantar yang digunakannya selama berkenalan menggunakan bahasa Arab. Kami yang baru pertama kalipun yang belum paham bahasa arab berusaha untuk mengangguk-ngangguk saja walaupun belum tau juga apa yang dimaksudkan. tapi so far so good, selama lebih dari 2 jam kami berinteraksi lil lughatil arabia dengan antusias, walau masih kaku namun beberapa peserta lainnya sudah mulai menikmati pertemuan pertama ini termasuk saya.
Syaikh Ahmad saat proses perkenalan di pertemuan pertama
Saran saya bagi yang ingin masuk kursus sebaiknya teman teman sekalian sudah memiliki dasar bahasa arab terlebih dahulu agar terbiasa dan sudah mengerti beberapa kosakata dan grammar. setidaknya sudah pernah belajar sebelumnya, karena beberapa teman yg saya temui, mereka sudah mahir dan sebelumnya ada yang berlatar belakang pesantren dan sekolah atau kursus bahasa arab di tempat lain sebelum masuk LIPIA. Hal ini untuk mendorong kita agar kita tidak begitu ketinggalan dari rekan rekan yang lain. Namun tidak masalah juga apabila kita mulai start awal dengan modal 0. bahkan ada beberapa teman saya yang belum pernah belajar bahasa arab, semoga Allah memudahkan proses belajar mengajarnya sehingga dapat cepat lancar berbahasa Arab. Saya yakin di LIPIA adalah tempat terbaik bagi pemula untuk belajar.

C. PERTEMUAN KEDUA 
Sudah 2 pekan proses KBM berjalan pada saat saya melanjutkan menuliskan blog ini. dan sedikit bisa saya tambahkan bahwa Pengajar tetap kami bernama syaikh Bibars yang berasal dari Aljazair. Syaikh Bibars ini menguasai 4 bahasa yaitu bahasa inggris, perancis, Arab dan bahasa Indonesia, hal ini yang membuat kami bersemangat untuk belajar karena kadang dikelas syaikh Bibars menjelaskan kepada kami menggunakan bahasa Indonesia. Penyampaiannya yang sangat baik membuat kami mudah memahami setiap hiwar dan kosakata yang diajarkan.
Aktivitas pembelajaran yang diajarkan oleh Syaikh Bibars 
Pada proses pembelajarannya kami menggunakan buku Al Arabiya Baina Yadaik yang insya Allah dengan panduan buku tersebut step by step dapat membantu kita memahami dan mempraktekkan bahasa arab. Untuk BAB awal ini kami belum dikenalkan dengan Grammar atau kaidah kaidah dalam bahasa arab namun dititikberatkan pada kosakata (mufrad) dan percakapan (Hiwar).
Buku Panduan bahasa arab level 1 Al Arabia Baina Yadaik
D. PERTEMUAN KESEMBILAN
Pada pertemuan kali ini ada yang spesial, Syaikh Bibars mengajak kami belajar diluar kelas, tepatnya di Kebun Binatang Ragunan. Para siswa sangat antusias mempelajari kosakata berbagai macam nama hewan dalam bahasa arab. Pelajaran yang seperti ini bukan saja menyenangkan namun bisa mendekatkan keakraban antar siswa dan pengajarnya. Suasana yang santai membuat kami betah apalagi kami menggunakan kereta mobil dalam kebun binatang untuk berkeliling, selesainya kami semua melanjutkan pelajaran bahasa arab di salah satu taman dan berakhir dengan santapan nasi kebuli. Mantap kan? 
Suasana pelajaran Bahasa Arab di salah satu Taman di Ragunan
Naik "odong odong" berkeliling Ragunan
E. PERTEMUAN KESEBELAS
Agenda pada pertemuan ini yaitu kami menggunakan salah satu fasilitas kampus yaitu laboratorium Bahasa. Dalam Laboratorium ini kami ditunjukkan bentuk bentuk percakapan dalam bahasa arab dari video yang ditampilkan. Adapun topiknya mengenai hiwar yang sudah kami pelajari pada Bab sebelumnya. Pelajaran di laboratorium sangatlah menyenangkan sampai sampai waktu yang disediakan terasa sangat sedikit.
Sebelum pelajaran dimulai, wefie terlebih dahulu
Demikianlah beberapa ulasan dari saya mengenai proses KBM di Lipia program kursus bahasa arab, proses pembelajaran sampai dengan saat ini masih terus berjalan dan mungkin saja ada keseruan keseruan lainnya yang akan saya dan teman teman alami. Sampai bertemu di blog berikutnya. Bagi yang ingin mendapatkan ilmu bahasa arab, fiqh dan aqidah di pesantren gratis di jakarta pusat, baca ini 

Comments

  1. Assalamualaikum. Ini ada tes masuknya ga? Saya pengen belajar bhs arab, tp ga punya basic dasarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumussalam, ga ada tes masuk, ambil level 1 seperti saya cocok bagi yang baru mau belajar bahasa arab di LIPIA

      Delete
    2. Apabila berkenan, dapat juga kurus ABY ( arabian baina yadaik ) di masjid nurullah kalibata city , link tautan ini berisi informasi pendaftaran

      https://docs.google.com/forms/d/1HTtIGIe3N1b_Mr9jPDOHRfAX10gDUMUf4FptgT4AEUI/viewform?edit_requested=true

      Bahasa Arab Masjid Nurullah
      Insyaa Allah akan dibuka kelas bahasa Arab, dengan waktu belajar setiap hari Selasa dan Kamis ba'da Isya atau Sabtu dan Ahad ba'da Ashar, dengan durasi ± 1,5 jam. Kelas ini menggunakan Kitab Bayna Yadaik sebagai bahan ajar.
      Tahap Pertama akan belajar selama ± 10 bulan untuk menyelesaikan Jilid I.
      Persyaratan :
      1. Bisa Membaca Al-Qur’an
      2. Berkomitmen untuk mengikuti kegiatan ini selama ± 10 bulan
      3. Bersedia memberikan infak ke Masjid Nurullah sebesar Rp. 500.000,- apabila tidak bisa menyelesaikan kegiatan ini tanpa uzur syar'i
      4. Membayar uang buku sebesar Rp. 230.000,- (untuk 2 buku Bayna Yadaik Jilid 1a dan 1b). Apabila telah memiliki buku tersebut, kewajiban ini tidak berlaku. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke Rekening Bank Mandiri No. 105.000.552.5500 an. Andri Istanto dan silakan diupload bukti transfernya.
      Untuk penjelasan lebih lanjut bisa hubungi : 08126044559

      Delete
  2. Apakah sudah Ada pembukaan untuk pendaftaran di tahun 2019?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis Lebaran Haji buka lagi pendaftaran. buka pendaftaran 2 kali dalam 1 tahun

      Delete
  3. Pendaftarann pada tahun 2019 apakah sdh ada??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti sehabis lebaran haji buka pendaftarannya. pantau terus di Facebook LIPIA

      Delete
  4. Ada berapa level kursus bahasa arab di lipia?

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum, kalo tahun 2020 ini udh tutup ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri