Skip to main content

Pernah bermimpi untuk keliling Indonesia

Teringat salah satu novel garapan Andrea hirata yang berjudul sang pemimpi yang sangat inspiratif itu membuat hati saya tergerak untuk berani bermimpi, belajar untuk mempunyai mimpi dan tentunya mimpi yang tinggi dan besar. Terkadang mimpi itu menjadi tidak realistis, apalagi mimpi seorang anak muda kecil nan kurus ini yang tak tau apa-apa tentang pengertian sesungguhnya apa mimpi itu.

Kalau Si andrea hirata ini berkata "bermimpilah maka Tuhan akan memluk mimpimu" merupakan kata kata hebat yang bisa memercikkan api semangat anak kurus ini. Selain andrea hirata, ada juga orang yang memberikaku semangat dalam bermimpi yaitu mas Tung Desem Waringin, saya mengenal beliau hanya lewat earphone dari mp3 yang saya miliki, berulang ulang seminar motivasinya saya putar hampir setiap hari sebagai referensi tambahan yang dapat membangkitkan gairahku dalam bermimpi. Ada seorang lagi yang acaranya tidak pernah saya lewatkan yaitu om mario teguh, om yang satu ini benar benar super dalam memilih kata kata motivasi, kata katanya masuk akal dan setiap selesai mendengarkan paparannya selalu saja membuat angan angan menjalar melewati sel sel syaraf dalam otak besar ini. 

pemuda kurus ini adalah seorang pemuda yang tak tau apa apa tentang mimpi, bagaimana bisa bermimpi tinggi sedangkan kehidupan sehari hari tidak pernah mendukung untuk bisa bermimpi...suatu ketika saya mencoba menuliskan bebrapa mimpi..... ada 20 mimpi yang telah tertuang saat itu. salah satunya adalah "Keliling Indonesia"....haha mimpi ini bagaikan lelucon, menuliskan suatu angan angan semata yang mustahil untuk terealisasi,  walaupun akhirnya mimpi ini sedikit demi sedikit terealisasi, beberapa daerah memang sudah di kunjungi walaupun hanya menginjakkan kaki saja yang penting mimpi itu sudah terealisasi........

1. Yogyakarta
Kota pertama yang paling awal saya kunjungi yaitu kota pendidikan ini awal mulai saya berusaha untuk merealisasikan mimpi mimpi sesat saya, yogyakarta memiliki satu gudang cara untk merealisasikan mimpi pemuda kurus yang tidak tau diri. Saat awal datang kesini saya adalah orang desa yang baru pernah melihat keramaian, ramainya kota besar, sangat jauh dari keramaian yang ada di bima.
Yogyakarta bagiku tempat yang sangat istimewa, berjuta juta kenangan tercipta di kota ini, mulai dari kenangan terburuk sampai dengan kenangan terindah ada semua disini, sehingga saya merasa berat untuk meninggalkan kota dagadu ini. Di kota ini saya bertemu dengan banyak sekali oang orang yang hebat, bisa ngubah karakter "keras" yang saya miliki menjadi "lembut".  keramahan kota ini saya rasakan sejak awal kedatangan tahun 2004 sampai dengan lulus kuliah 2008 membuat saya betah di kota ini.Kini tahun 2012 saya kembali ke kota kenangan ini guna merajut mimpi pendidikan di universitas nomor 1. selamat datang kembali jogja. 

2. Malang
Saat memetik buah apel bersama firdaus
Kota kedua ini pernah saya kunjungi sebanyak 2 kali yaitu kunjungan pertama pada saat awal kuliah di jogja pada tahun 2004. Ada kegiatan HMPS yaitu melakukan study tour ke Universitas Muhammadiyah Malang. Kami melakukan kunjungan menggunakan 2 bus pariwisata yang pesertanya adalah anak-anak Penidikan Biologi angkatan 2003 dan 2004. Agendanya yaitu dan sharing antara mahasiswa Biologi UAD dan UMM, kami meninjau  laboratorium biologi di UMM kampus terpadu. dalam kunjungan tersebut kami juga melakukan diskusi bersama mahasiswa biologi yang ada di sana. Setelah acara selesai maka kami beserta rombongan berwisata di taman wisata air terjun Coban Rondo yang ada di Batu Malang dan kemudian menuju ke kebun Apel dan strawberry, kami masuk ke kebun yang sangat luas dan kami diperkenankan untuk memetik serta memakan sespuasnya tetapi tidak boleh di bawa pulang.

Di kebun apel ini juga kami masuk di kumbung strawbery, sama halnya dalam kebun apel, kami tidak diperkenankan untuk membawanya pulang dan hanya makan di tempat, tetapi karena memang saya dan firdaus orang yang "cerdas" maka kami petik banyak banyak terus kami masukkan ke dalam saku jaket. Alhasil setelah di perikasa di pintu keluar, kamipun terpaksa harus kena omelan dan apa mau di kata, strawaberry tersebut harus dikeluarkan kembali dan di ambil oleh petugasnya. aduh malunyaaa.....
Pesan moralnya: ikuti peraturan. Kalau dilarang ambil ya jangan ambil.
Tunjuk tugu malang

Kunjungan kedua di Malang yaitu dalam rangka untuk mengikuti tes pekerjaan, tepatnya pada tahun 2008. Setelah lulus kuliah maka saya melakukan hunting pekerjaan. salah satunya pekerjaan menuju papua tetapi tesnya di Malang, saat itu ada lowongan untuk menjadi guru di papua tepatnya pada teluk bintuni. Gaji yang ditawarkanpun menggiurkan yaitu 5 juta/bulan dan akhir nya saya tertarik untuk mendaftar. Pengalaman ini juga pengalaman yang luar biasa bagi saya, betapa tidak, selesksi yang dilakukanpun sangat ketat sekali, ada 3 tahapan tes yang kami lakukan, yaitu tes psikotes, tes tertulis materi biologi dan tes mengajar menggunakan  bahasa inggris. Jumlah peserta yang jurusan Biologi ada sekitar 50 orang yang berasal dari Malang dan Surabaya. satu satunya peserta tes yang berasal dari jogja adalah saya sendiri. Beberapa tes telah di lalui dengan khidmat dan akhirnya selang beberapa hari pengumumanpun tiba. pengumuman di lakukan via telepon dan saat itu saya mendapat telepon yang menyatakan bahwa saya adalah salah satu dari peserta yang lulus dan seminggu kedepan akan diberangkatkan ke teluk bintuni. Hati riang gembira saat itu tetapi memang sebelumnya saya belum memberitahukan ke anggota keluarga saya perihal tes tersebut, akhirnya setelah saya meminta ijin dari ibu dan bapak di Bima mereka tidak menyetujui kepergian saya dan tawaran itu saya cancel. Pasca kejadian itu, untuk melampiaskankekecewaan maka saya diajak oleh teman saya yang bernama dedy untu jalan jalan keliling kota malang.
 

3. Wonosobo

gunung diatas dieng
Kunjungan berikutnya adalah Dieng yang ada di kbapaten wonosobo jawa tengah. Terhitung sudah 4 kali saya menginjakkan sandal dsana. karena saya punya teman "akrab" yang berasal dari kota dingin itu. kunjungan kesana sangat spesial karena dsana saya mendapatkan keluarga baru, ada 4 orang teman disana yatu Intan, Ruli, Mita dan Anang. Wonosobo mengingatkan saya pada mie yang hanya dijual disana yaitu mie "ongklok" mie ini seperti halnya mie ayam biasa tetapi rasanya beda, bedanya seperti apa??hhmm nampaknya sulit lah di ceritakan. disini saya berkeliling ke beberapa tempat asyik yaitu di Puncak Dieng, di pusat volcano belerang dan mandi di pemandian air panas. mantap! Pengalaman yang berkesan disini yaitu selain mie ongklok juga ada wedang ronde yang hangat. wonosobo sangat dingin sehingga memaksa saya untuk berkata tidak untuk mandi. gila, airnya dingin banget dan yang saya tau adalah jika ada yang berniat untuk menjual elektronik berupa kipas angi atau AC maka siap siap aja barang anda tidak laku :)

 4. Pare, Kediri Jawa Timur
suasana di ruang belajar Mahesa Institute
 Selama 2 bulan saya berada di kecamatan kecil ini, dan sudah 2 kali saya berkunjung kesini. Disini saya datang menuntut ilmu yaitu ilmu peng-inggrisan :) ya....disini terkenal dengan sebutan kampung inggris, disini juga pengalaman yang saya dapatkan sangat berkesan, dan lebih berkesan lagi pada saat saya harus kehilangan HP vodavone kesayangan saya. tetapi kita tidak membicarakan hp itu karena sudah saya ikhlaskan kok hiks hiks.
Di Gunung Kelud
Pare adalah kampung yang biasa saja seperti halnya dengan kampung yang lainnya tetapi yang luar biasa adalah ada ratusan tempat kursus bahasa inggris dengan spesifikasi masing masing. tempat kursusnya pun jangan tergambarkan dengan gedung bagus berlantaikan kramik ya.....tepatnya sederhana, rumah rumah warga yang dijadikan sebagai tempat belajar sekaligus sebagai dormitory. Bhkan ketika kami kursus harus duduk di lantai tetapi para tentornya sangat luar biasa, mereka sangat fasih sekali bahasa inggrisnya, metodenyapun berbeda dengan metode pada tempat2 kursus dimanapun. Jadwal belajarnya adalah setiap hari kecuali minggu, dimulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 20.00. Wajar saja kalau yang kesana bisa langsung capcus ngomongnya karena memang disana selama sebulan/dua bulan penuh kita di suguhkan dengan pelajaran bahasa inggris. contoh tempat kursus yang saya ambil yaitu di Daffodils yaitu spesifikainya lebih ke Speaking, kemudian Kresna yang spesifikasinya lebih ke Grammar, kemudian di Mahesa Institute dengan fasilitas labopratorium bahasanya. disana kami belajar banyak dan bertemu dengan teman2 sekelas yang berasal dari daerah yang berbeda beda, ada yang dari madura, surabaya, jakarta, jogja, medan. nampaknya saya akan menuliskan khusus tentang pare ini. Oh iya hampir lupa, jika teman teman ingin kuliah lanjut keluar negeri, saya sarankan untuk datang kesini, nanti kalian akan di godok bahasanya disini, bahkan ada teman saya yang jurusan bahasa inggris, tidk mengaku bahwa dia adalah lulusan sastra inggris di universitas terkemuka. karena memang disini saingannya ketat sekali anak SMA aja udah pada capcus ngomongnya.
Selain terkenal dengan kampung inggrisnya, disini terkenal juga dengan beberapa spot pariwisata yaitu di gunung kelud. salah satu gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini yang dijadikan sebagai obyek wisata sangat menarik untuk di kunjungi, ada tempat outbondnya juga. dan ada simpang 5 Gumul di kediri yang sama bentuknya dengan bangunan Arch de Triomphe yang ada di paris. 

5. Bali
Selama ini Bali hanya sebagai tempat transit aja ketika saya pulang ke Bima dari Jogja. setiap kali pulang selalu saja terbesit kapaannnn yaaa bisa jalan jalan di Bali, masa cuma lewat aja.....Rupanya jawaban itu datang setelah saya lulus kuliah, bersama dengan teman akran saya si Ruli, Mbak Denok, Erci dan Hakim, akhirnya kami berpetualang ke bali selama 2 Hari itupun dengan cara back packer. hebat betul perjalanan kami kali ini, dengan modal budget yang pas pasan akhirnya kami bisa juga nyampe Bali, tinggalnya pun murah, 1 kamar cuma 100.000/3 orang. Waktu yang singkat itu benar benar kami pergunakan utuk jalan jalan, yaitu di Pantai Kuta, Titik Nol Legian, Pasar Ubung dan tentunya belanja kaos di Joger.
selamat datang di pantai kuta

makan malam di kfc, karena takut makan diluar tidak halal

6. Bandung 
Halooo haloooo bandung...akhirnya saya menginjakkan sandal saya disini, tatkala udah menunggu momen ini lamaaaa skali...untuk bisa kesini sudah melewati waktu yang panjang sekali. Setiap punya rencana ada aja halangannya...Ke bandung ini perjalananya pahit amat, naik kereta ekonomi jurusan jogja-Cimahi yang ditempuh dalam waktu 8 jam seharga 30.000 ini cukup meniksa, bagaimana tidak??dari jogja tiak mendapat tempat duduk sehingga akhirnya harus rela duduk di lantai kereta, baru pada sampai ciamis dapat tempat duduk, itupun tempatnya harus berbagi dengan bapak2 yang gemuknya minta ampun sehingga membuat duduk saya berada pada pinggir kursi.
lapangan tegalega bandung
Gak enak banget naik kereta ekonomi saat itu, setiap 5 menit sekali para pedagang lewat sambil teriakuin barang daganganyya......Kopi..kopiiii.....lewat lagi nasiiiii....nasiiii......kemudian lewat lagi....peyem...peyem....... lewat lagi........energen energen........huff...tapi so far so enjoy lah, saya sangat menikmatinya, walaupun tidak bisa tidur. Tetapi kasin juga melihat kondisi para penumpang ad yang tidur di lantai kereta beralaskan koran, macam macam pokoknya. Inilah nasib kereta ekonomi, Jika ada kereta eksekutif ataupun kereta bisnis lewat maka kereta ekonomi harus mengalah untuk berhenti sejenak dan membiarkan kereta Exclusive tersebut untuk lewat. ya mungkin wajar aja karena bayarnya mahal.
Tujuan ke Bandung saat itu yaitu mengantarkan ibu kos untuk megunjungi anaknya yang ada di cimahi. Ibu kos saya sudah tua dan harus ditemani, kaian sekali beliau, janda tua dengan 2 orang anak yang tinggalnya di bandung dan bukan sang anak yang mengunjungi ibunya tetapi ibunya yang mengunjungi anaknya lantaran sang anak sangat sibuk bekerja. Ini pengalaman berharga buat saya.
Sesampainya di Cimahi, kota yang sangat asing bagi saya ketika ibu kos sudah dijemput oleh anaknya maka saya harus melanjutkan sendiri menuju Bandung, disana ada teman saya yaitu agus suryadin, teman SMA yang kuliah di Salah satu perguruan tinggi swasta di sana. Saya pun naik angkot menuju ke bandung tepatnya harus berhenti di stasiun kota dan si agus akan menjemput saya disana. Sesampainya di depan stasiun kota saya bertemu denganAgus kemudia langsung menuju kos dan......Jalan jalan.....
Depan gedung pertemuan jalan asia afrika 
Berkat motor pinjaman dari temannya agus akhinya kami berkeliling kota Bandung yang Alhamdulillah Kesasar 3 kali untuk menuju ke cihamplas.......syukur karena kesaasarnya cuma 3 kali, kalau 4-5 kali lama lama ga jadi jalan jalan karena waktu habis dalam perjalanan. Di Cihamplas saya membeli kaos kemudian dilanjutkan ke Lapangan tegalega dan sholat di Masjid Raya bandung. Keesokan harinya kami berkeliling di jalan Braga Tempat berkumpulnya anak uda bandung dan sempat berfoto ria di Gedung pertemuan Asia Afrika.


7. Lombok
baru pernah maen kano
Kota Mataram di Pulau Lombok jaraknya sekitar 12 jam dari kota bima, jadi untuk bisa sampai kesini aksesnya mudah dan murah, saya sudah beberapa kali kesini, lebih dari 5 kali bisa berkunjung dan jalan jalan kesini tetapi yang terakhir yaitu berpetualangan dengan 7 orang tim solid untuk menyelenggarakan even nasional bertemakan From Jogja To Lombok yaitu acara WNTC (West Nusa Tenggara Teacher Connference). Konferensi ini diadakan di gedung LPMP mataram dengan melibatkan guru bahasa inggris yang ada di NTB hasil kerjasama antara UAD dan Kangguru Australia, Kami ber7 adlah team yang solid yang sudah sering secara bersama sama menyelenggarakan suatu even. Acarapun berlangsung selama 3 hari tetapi kami sudah harus berada di mataram 10 hari sebelum hari H untuk menyiapkan segala kebutuhan penyelenggaraan. Acara yang kami selenggarakan termasuk sukses dan sempat juga dimuat dalam koran setempat dan mendapat pujian dari dinas pendidikan provinsi. Setelah acara selesai kami melakukan touring de Lombok, ada yang ke senggigi dan ada yang ke Gili.

8.Jakarta
Jakarta adalah rumah ketiga bagi saya sesudah Bima dan Jogja,  disini saya meninggalkan kenangan dengan keluarga kecil saya, tempat dimana kami berjuang bersama dengan si dinda dan kakak sheza,  tidak terasa sudah setahun lebih saya berada di ibukota dengan tetek bengeknya, tak menyangka kiranya dapat tinggal disini,  namun kuasa Allah,  rejeki memang sulit kita prediksi.  
10. Solo
Solo kota nya jokowi menjadi tempat yg menarik untuk dikunjungi.selain saya bisa jalan jalan ke kota batik ini saya juga bisa sambil berbisnis ria mencari rejeki dengan menjadi "pemain kecil" dlm dunia per-batik-an. Hampi setiap sebulan skali saya harus berkunjung ke kota ini dikarenakan harus mrmbeli batik untuk dipasarkan di beberapa teman saya yg ada diluar kota yang ada di pangkalpinang, bima dan di melawi kalbar. Dengan modal awal berbisnis 800.000 saya mulai pada tahun 2007 lalu dan sampai sekarang bisnis itu masih berlanjut.entah berapa keuntungannya tetapi saya tidak pernah menghitungnya.yang jelas sejauh ini omsetnya sudah sangat membantu berbagai kebutuhan.saya menjalankannya pun dengan suka ria entah kenapa.ada perasaan senang jika berbisnis.apapun bisnisnya..dan yang terpenting yaitu nilai silaturahminya.bisnis bukan hanya berbicara tentang uang dan keuntunfan tetapi bisnis maknanya lebih luas,,,luas sekali...ada sunnah rasulullah yang dapat kita ambil hikmahnya dari berbisnis.ada nilai persaudaraan dan ada interaksi komunikatif antara kita dengan konsumen.jika kita menilai bisnia dengan keuntungan maka menurut saya itu makna dan tujuan yang sempit.percayalah joka kita melakukannya dengan hati ikhlas, tanpa mencari keuntungan berlebih dan tentunya selalu jujur dalam jual beli maka rejeki Allah itu akan mengalir terua seperti layaknya air, terus saja dan ada saja. 
solo memang terkenal murah jika dibandingkan dengan jogja khussnya masalah batik.dari beberapa kali survey yg saya lakukan, batik yang di solo bahkan diambil oleh beberapa penjual di jogja.
Setiap kali datang ke kota kraton ini saya selalu menyempatkan diri untuk menyicip kuliner andalan solo yaitu tengkleng yang ada di pojokan pasar klewer.rasanya mantap sekali.daging sapi dan daging kambing yang masih menempel di tulangnya ditambah dengan kuah kentalnya selalu menjadi daya tarik saya unyuk mencicipinya, apalagi gule kepala ikan mas Angus yg ada di dekat pasar kembang, padahal ikannya cuma tulangnya saja tetapi rasanya mantap. Sudah sering Kali saya berkunjung ksini Dan solo merupakan kota yang cukup nyaman untuk dikunjungi. ingat batik..ingat solo.

Comments

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest