Skip to main content

Sunnah di Hatiku

SUNNAH DI HATIKU

Tulisan ini merupakan rangkuman dari ceramah Ustadz Oemar Mita, Lc.
Oleh : Ahmad Mawardi

Manusia memiliki 2 sifat yaitu  a. Selalu menghitung hitung jika dapat ujian dan musibah dan b.Melupakan kenikmatan besar (amnesia akut jika bicara kenikmatan atau kebaaikan yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita)

Sunnah yang dahulu kita pelajari semnejak kita SD dahulu berarti bahwa sesuatu yang jika kita kerjakan akan memperoleh pahala dan apaabila tidak kita kerjakan maka tidak memperoleh apa apa. Ternyata ini merupakan definisi Sunnah menurut Fiqh. 
Namun, Sunnah menurut Aqidah yaitu segala sesuatu yang datangnya dari Nabi berupa perkataan, perbuatan dan ketetapan Rasulullah. 
"Sunnah Hukumnya ada 2 yaitu ada yang bersifat Wajib dan ada yang bersifat Mustahab"
Sunnah yang hukumnya wajib seperti sholat. Sholat merupakan  Wajib bagi  kita umat islam yang tatacaranya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah. Hukumnya Wajib. begitupula dengan Haji, hukumnya Wajib bagi yang mampu dan tatacaranya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah.
Sunnah yang hukumnya Mustahab seperti Sholat Syuruq. yaitu sholat yang dikerjakan pada saat syuruq. setelah kita melakukan sholat subuh di masjid secara berjamaah, kita duduk sambil dzikir sampai matahari terbit kira kira 5-10 menit kemudian kita sholat  dua rakaat. Pahalanya setara dengan saat Umroh. Tetapi hukum sholat ini tidak Wajib seperti sholat 5 waktu namun hukumnya Mustahab.

Sunnah merupakan Manhaj yang berarti pola agama kita. Bukan kelompok. Apabila kita dapati orang yang sedang belajar namun belum sempurna maka kita jangan memvonis.

Syarat Sahnya Iman seseorang tergantung sunnah yang kita kerjakan. Ada 3 amalan yang tidak diterima Allah sampai kita sertakan 3 amalan penyertanya yaitu :
"a. Tidak terima Sholat kalau kita tidak membayar zakat dan sedekah. b. Syukur kepada Allah harus disertai dengan syukur kepada kedua oangtua dan c. Iman kita akan diterima Allah jika kita melakukan Sunnahnya Nabi."
Jangan pernah meremehkan sunnah dikarenakan Iman kita angat berharga karena Sunnah Nabi. Zaman sekarang ini, mencintai Nabi itu susah. Seperti Sahabat nabi, mereka mudah mengerjakan sunnah karena mereka ada bersama nabi. Wajar jika mereka mencintai Nabi kkarena mereka bertemu dan merasakan hangatya Nabi. bukan hanya manusia yang cinta pada nabi. Daaging beracun pun cinta pada nabi. Zainab bin Khaibar memasukkan racun pada daging dan diberikan pada Nabi. Daging tersebutpun berbicara YaaRasul saya beracun, maka seketika itupun Nabi memuntahkan daging tersebut.
Bukan hanya daging. Pohon pun cinta pada Nabi.
Ada suatu kisah, terdengar suara tangisan didalam masjid, Sahabatpun mendengarkan tangisan tersebut. Ketika Rasul datang, beliau memberitahu sahabat bahwa yang nangis tersebut adalah pohon kurma kemudian oleh nabi dipeluknya pohon tersebut. Pohon tersebut menangis dikarenakan sudah tidak dijadikan lagi sandaran oleh nabi pada saat Nabi selesai khutbah. Hal ini dikarenakan shabat sudah membangun tembok masjid dan Rasulullah bersandar pada tembok tersebut. bukan pohon Qurma. Iman kita tidak akan benar sampai kita mengikuti Rasulullah.

berikut link nya Sunnah di hatiku

Comments

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest