Skip to main content

PESANTREN "Inspiratif" di tengah Ibukota Jakarta

Review Pesantren Bina Insan Kamil
oleh : Ahmad Mawardi
Proses Belajar di Pesantren BIK
Pada kali ini saya akan me-review pesantren inspiratif yang sudah membekali para santrinya dengan ilmu dasar agama islam. tulisan ini wajib saya buat dan saya share agar dapat memberikan informasi kepada pembaca bahwa ada tempat menuntut ilmu syar'i yang berkualitas jayyid jiddan di tengah kota jakarta. Kenapa disebut inspiratif? karena pesantren ini berhasil mencetak santri-santrinya untuk terjun langsung ke medan dakwah yang kerap terlupakan oleh sebagian besar pendakwah di Jakarta.   
Tampak muka pesantren bina insan kamil jakarta
Pesantren tempat saya menimba ilmu ini tidak seperti pesantren yang kita ketahui pada umumnya, bahkan sama sekali tidak tampak seperti pesantren. Fisik bangunan pesantren ini berupa satu gedung mungil, letaknya berdempet dengan rumah warga dan akses jalan masuknya berupa gang sempit, di dalamnya cuma ada satu ruangan yang disekat menjadi dua ruang kelas untuk memisah ikhwan dan akhwat. Tidak ada yang "mondok" disitu, kalau pagi dijadikan kelas TK namun setiap malam, dari senin hingga sabtu, sibuk dengan aktivitas pembelajaran keislaman. Santrinya-pun beragam pendidikan, macam macam latar belakang sosial dan rentang usia yang berbeda beda, namun semuanya duduk bersama dengan satu tujuan : menimba ilmu agama.

Ruang kelas ikhwan Pesantren Bina Insan Kamil
Pesantren Bina Insan Kamil (BIK) namanya. Membangun manusia yang sempurna tujuannya, sempurna Aqidah nya, dan sempurna Akhlaqnya. Mata pelajaran yang diberikan yaitu ilmu Aqidah untuk memperkuat keTauhidannya, Ilmu Fiqh sebagai pedoman melaksanakan Ibadah dan berakhlaq. Ilmu Fiqh Sosial untuk pedoman langkah yang tepat dalam kehidupan bersosial dan bernegara. Adapun Bahasa Arab bertujuan untuk menggali ilmu agama langsung dari sumbernya, memudahkan membaca dan memahami Al-Quran dan Hadits. Begitulah pesantren ini dibangun dan dibesarkan. Salah satu tempat menuntut ilmu Cuma-Cuma bagi siapa saja yang ingin belajar, aplikasikan dan melanjutkan estafet dakwah. (Link Website Pesntren klik disini)
Brosur peneimaan santri baru yang disebar di WAG dan FB 
Lama Program ini 1 tahun, pada saat pendaftaran, calon santri diseleksi terlebih dahulu (Baca Qur'an dan wawancara) karena memang dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk bisa mengikuti program ini sehingga tidak semua santri yang mendaftar pasti diterima namun berdasarkan hasil seleksi. Adapun buku yang dipelajari yaitu Buku Fikih Praktis Mazhab Syafii matan Abu Syuja Al Ashfahani, Buku Aqidah yang dibahas buku kitab Tauhid karya syaikh Muhammad At Tamimi dan bahasa arab menggunakan buku Durusul lughoh Al Arabiyya. Ada 2 kali pertemuan dalam sepekan, belajar dilakukan pada waktu malam hari dimulai bada magrib sampai pukul 21.00 WIB. Sesekali ada ustadz ustadz lain yang diundang untuk memberikan materi seperti beberapa waktu lalu ada ustadz Oemar Mita, Lc. yang memberikan materi tentang Fiqih. Selain kegiatan belajar, ada juga kegiatan kegiatan lain sebagai penunjang pengetahuan santri seperti Mabit, Pelatihan Desain, pelatihan jurnalistik, Buka puasa bersama dan acara silaturrahmi.  
Agenda pertemuan rutin diluar jam pelajaran bagi santri
Saya merasa bangga menjadi salah satu keluarga besar BIK, bertemu dengan guru yang memang sesuai dengan bidang keilmuannya, Ustadz Anshari Taslim, Lc. (link Blog ustadz anshari) Ustadz Ahmad Fairuz, Lc. (link Blog ustadz Fairuz) dan Ustadz Mustaqim, Lc. Merupakan guru "sukarela" yang menginspirasi, dan memotivasi santrinya untuk selalu bergerak ke medan dakwah.
Ustadz Mustaqim sedang memberikan materi Bahasa Arab
Dakwah Marjinal adalah sasaran dakwahnya. Melibatkan santrinya untuk terjun ke lapak lapak pemulung, perumahan kumuh dan anak anak jalanan yang ada di pusat Ibukota, untuk mengenalkan huruf Hijaiyyah, mengajarkan bacaan sholat dan mengajarkan Al Quran bagi mereka yang memang sebelumnya tidak tersentuh oleh dakwah-dakwah modern. Dengan adanya Dakwah marginal, diharapkan lapisan masyarakat yang terpinggirkan ini dapat kembali merasakan manisnya iman ditengah pahitnya kehidupan dunia ibukota.
Pengajaran Iqra bagi bapak bapak pemulung di lapak pemulung Rawamangun

Pengajaran pengetahuan keislaman bagi anak anak pemulung di Musholla Lapak Pemulung

Pembelajaran pengetahuan keislaman bagi ibu ibu pemulung di Matraman
Beberapa foto diatas menunjukkan aktivitas dakwah marjinal santri BIK di dua titik dakwah. Namun ada banyak titik dakwah marginal yang di garap oleh santri BIK, yaitu di Matraman, Rawamangun, Pinang Ranti, Gambir, Rawabebek, dan Sekolah Master. Sasaran dakwahnya meliputi kalangan bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak yang diajar setiap pekannya. Saya berharap lewat tulisan ini dapat menarik minat bagi para pembaca untuk bergabung dengan pesantren BIK, menjadi pembelajar ilmu syar'i dan menjadi bagian dari dakwah marjinal.  Dapatkan informasi mengenai pengalaman kursus di lipia klik disini

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest