Skip to main content

TAUHID 2



TAUHID 2 (lanjutan)
Lanjutan Pembelajaran mengenai ilmu Tauhid
Oleh : Ahmad Mawardi


                Saya merupakan salah satu peserta yang beruntung karena terdaftar di Grup WhatsApp HSI (Halaqah Silsilah Ilmiyyah), dikarenkan setiap harinya kami mendengar ceramah singkat sekitar 5 menit dari Ustadz Abdullah Roy yang sudah direkam sebelumnya dan di share oleh Admin ke dalam Grup. Topik materinyapun menarik, bahasa yang digunakan mudah diapahami disertai contoh yang ada di sekitar kita. Terdapat dua Grup yang dibuat, grup pertama hanya untuk posting materi, grup kedua berisi diskusi mengenal segala hal yang berkaitan dengan materi. Untuk membuktikan bahwa peserta tersebut mendengar ceramah singkat dan memahami isinya dengan baik, semua peserta diberikan Password untuk log in masuk di website pembelajaran yang berisi mengenai soal soal seputaran materi, Soal tersebut diberikan setiap hari dengan tengggat waktu pengerjaan selama 18 jam. Adapula soal mingguan yang terdiri dari  5 soal mencakup 5 materi dalam 1 minggu dengan waktu pengerjaan 48 jam. Baca juga Tauhid bagian 1 dan kelanjutan Tauhid 3 (selesai)
                Saya merasa senang dikarenakan memperoleh ilmu baru dari ustadz yang kredibel dengan materi yang penting dan metode belajar yang menyenangkan. Semoga menjadi salah satu washilah kita dalam mengenal Allah.

Materi Pembelajaran HSI Abdullah Roy terbagi dalam 10 silsilah yaitu
1.       BelajarTauhid
2.       Belajar mengenal Allah
3.       Mengenal Rasul
4.       Mengenal Agama Islam
5.       Beriman Kepada Hari Akhir
6.       Beriman kepada Malaikat
7.       Beriman kepada Kitab Kitab
8.       Beriman kepaada Para Rasul
9.       Beriman kepada  Taqdir
10.   Siroh Nabawiyah

Berikut  lanjutan Halaqah yang ke 16-20 dari ilmu Tauhid

16. Perdukunan
   Dukun adalah orang yang mengaku mengetahui sesuatu yang ghoib yang tidak diketahui oleh kabanyakan manusia seperti mengetahui barang yang hilang, pencurinya, mengetahui ramalan nasib dll. Dia mengaku mengetahui hal hal tersebut dengan cara cara tertentu seperti dengan melihat bintang, menggaris di tanah, melihat air dalam mangkok dll. Dengan cara ini para dukun memakan harta manusia
Ketahuilah bahwa perdukunan dengan namanya yang bermacam macam adalah perkara yang diharamkan dalam agama islam
                Ilmu ghoib yang mereka akui pada hakekatya adalah kabar dari jin yang mereka mintai bantuan sedangkan cara cara tersebut hanyalah untuk menutupi kedoknya sebagai seorang yang meminta bantuan jin dan syaitan.  Kita sudah mengetahui bersama bahwa Iblis sudah berjanji akan menyesatkan manusia dan menyeret mereka bersamanya ke dalam neraka. Iblis dan keturunannya tidak akan membantu sang dukun kecuali apabila dukun tersebut kafir kepada Allah. Para ulama menghukumi dukun sebagai orang yang kafir dengan sebab ini dan harta yang didapatkan dari pekerjaan ini adalah Harta yang haram.
                Berkaitan dengan ramalan yang terkadang benar maka sebagaimana dikabarkan Nabi dalam hadits shahih Bahwa “Para Jin bekerja sama untuk mencuri kabar dari langit. Apabila mendengar sesuatu maka jin yang ada diatas akan mengabarkan kepada yang dibawahnya dan seterusnya sehingga sampai ke telinga dukun. Terkadang dia terkena lemparan bintang sebelum menyampaikan kabar tersebut dan terkadang pula sempat menyampaikan sebelum akhirnya terkena lemparan bintang”. Kabar sedikit yang sampai ini akan ditambahi dukun tersebut dengan dusta yang banyak. Apa yang benar terjadi sesuai dengan yang dia kabarkan akan dijadikan alat mencari pembenaran dan mendapat kepercayaan manusia
                Orang islam dilarang sekali kali datang ke dukun dengan maksud meminta bantuan bagaimanapun susahnya keadan dia. Rasulullah bersabda yang artinya “Barang siapa yang mendatangi dukun kemudian membenarkan apa yang diucapkannya maka dia telah kufur terhadap apa yang telah diturunkan kepada Muhammad” (HR Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah). Dalam hadits yang lain beliau mengatakan “Barangsiapa yang mendatangi dukun kemudian bertanya kepadanya tentang sesuatu maka tidak diterima darinya Shalat selama 40 hari” (HR Muslim).
                Meskipun sebagian ulama berpendapat bahwa mendatangi dukun tidak sampai mengeluarkannya dari islam namun kedua hadits diatas cukup menunjukkan besarnya dosa orang yang mendatangi dukun.

17. Tathoyyur yaitu Merasa Sial Dengan Sesuatu
                Tathoyyur adalah merasa akan bernasib sial karena melihat atau mendengar kejadian tertentu seperti melihat tabrakan atau orang yang berkelahi atau yang semisalnya. kemudian hal tersebut menyebabkan dia tidak jadi melaksanakan hajatnya seperti bepergian, berdagang dll.
Tathoyyur termasuk syirik kecil apabila perasaan tersebut kita ikuti, Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang tiarah menyebabkan dia tidak jadi melaksanakan hajatnya maka dia telah berbuat syirik” (HR Imam Ahmad). Perasaan ini sebenarnya tidak akan mempengaruhi taqdir sebagaimana hal ini dinafikan dan diingkari oleh Rasul. Beliau bersabda “tidak ada Tiarah” (HR Bukhari dan muslim), maksudnya tiarah adalah hanya sebuah perasaan saja yang tidak akan berpengaruh terhadap taqdir Allah.
                Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh mengikuti was-was syaitan ini dan hendaknya dia memiliki keyakinan yang kuat bahwa semua yang terjadi di permukaan bumi berupa kebaikan dan keburukan adalah dengan taqdir Allah semata yakin bahwa tidak mendatangkan kebaikan kecuali Allah dan tidak melindungi dari keburukan kecuali Allah hanya bertawakkal kepada Allah semata dan berbaik sangka kepada Allah. Apabila datang perasaan tersebut, maka hendaknya segera dihilangkan dengan tawakkal dan tetaplah dia melaksanakan hajatnya dan apa yang terjadi setelah itu adalah taqdir Allah semata, adapun tafa’ul diperbolehkan di dalam agama kita. Tafa’ul artinya adalah berbaik sangka kepada Allah karena melihat atau mendengar sesuatu.
                Dahulu Nabi sering bertafa’ul, seperti ketika perjanjian Hudaibiyah utusan Qurais saat itu bernama Suhail, dan Suhail adalah bentuk pengecilan dari kata sahal yang artinya yang mudah, maka beliau berbaik sangka kepada Allah bahwa perjanjian ini akan membawa kemudahan dan kebaikan bagi umat islam. Maka benarlah prasangka Beliau, Allah membuka setelah perjanjian tersebut pintu pintu kemudahan bagi umat islam.

18. Meramal Nasib dengan Bintang
                Bintang adalah makhluk yang menunjukkan kebesaran Allah dan kebesaran penciptaNya. Allah telah mengabarkan di dalam Al Quran bahwa bintang Memiliki 3 faedah : yang pertama sebagai perhiasan langit, yang kedua sebagai pelempar syaitan dan yang ketiga sebagai petunjuk manusia seperti mengetahui arah utara, selatan, megetahui arah daerah, arah kiblat, atau mengetahui kapan datangnya musim menanam, musim hijan dll.
                Allah tidak menciptakan bintang untuk perkara yang lain selain 3 perkara diatas. Seorang salaf Qatadah Ibnu Diamah Assadusi, Seorang ulama yang meninggal kurang lebih pada tahun 110 H  beliau menjelaskan bahwa “Barang siapa yang meyakini bahwasaya bintang memiliki faedah yang lain selain 3 hal diatas maka dia telah bersalah dan berbicara tanpa ilmu”. Ucapan ini dikeluarkan oleh Al Bukhari didalam shahih beliau contohnya adalah meyakini bahwasanya terbit dan tenggelamnya bintang atau berkumpul dan berpisahnya beberapa bintang berpengaruh kepada keberuntungan seseorang di masa yang akan datang dalam masalah rejeki, jodoh dll, seperti kolom yang ditemukan di beberapa koran dan juga majalah membacanya dan memercayainya adalah perbuatan yang haram dan termasuk dosa besar.
Sebagian ulama menyatakan hukumya seperti orang yang mendatangi dukun dan bertanya kepadanya Ancamannya tidak diterima sholatnya selama 40 hari, hendaknya kita semua takut kepada Allah dan janganlah sekali kali mencoba membaca kolom kolom tersebut dan jangan juga memasukkannya kedalam rumah kita, kita segala tutup pintu yang bisa merusak aqidah kita karena Aqidah adalah modal kita memasuki syurganya Allah dengan selamat

19. bersumpah dengan selain nama Allah
                Sumpah adalah menguatkan perkataan dengan menyebutkan sesuatu yang diagungkan baik oleh orang yang berbicara maupun yang diajak bicara. Kalau bahasa Arab maka menggunakan huruf wau, ba atau ta. Adapaun bahasa indonesia mengucapkan kata “demi”, Besumpah hanya diperbolehkan dengan nama Allah semata misalnya dengan mengatakan wallahi demi Rabb, yang menciptakan langit dan bumi, demi dzat yang jiwaku berada di tanganNya. Adapun makhluk bagaimanapun agungnya dimata manusia maka tidak boleh kita bersumpah dengan namanya misalnya dengan mengatakan demi rasulullah, demi ka’bah, demi jibril, demi langit, dan bumi, demi bulan dan bintang dll. ini semua termasuk jenis pengagungan pada makhluk yang terlarang.
                Rasulullah bersabda “Barang siapa yang bersumpah dengan selain nama Allah maka sungguh dia telah berbuat syirik” (HR Abu daud, Tirmidzi). Syirik dalam hadits ini pada asalnya adalah syirik kecil yang tidak mengeluarkan seseorang dari islam namun bisa sampai kepada syirik besar bila dia mengucapkan sumpah dengan makhluk disertai pengagungan seperti kalau dia mengagungkan Allah Yaitu pengagungan ibadah seperti sumpah yang dilakukan oleh orang musyrik dengan mengatakan demi wisnu atau dengan demi dewa fulan, demi latta dll

20. Riya
                Riya adalah seorang mengamalkan sesuatu ibadah bukan karena ingin pahala dari Allah akan tetapi ingin dilihat manusia dan di puji. Riya hukumnya haram dan dia termasuk syirik kecil yang samar, tidak mengeluarkan seseorang dari islam.
                Riya adalah diantara sebab tidak diterimanya amal ibadah seseorang bagaimanapun besar amalan tersebut. Rasulullah bersabda “Allah berkata aku adalah dzat yang paling tidak butuh dengan syirik barang siapa yang mengamalkan sebuah amalan dia menyekutukan aku bersama yang lain didalam amalan tersebut maka aku akan meninggalkannya dan juga kesyirikannya” (HR Muslim)
                Sebagian ulama berpendapat bahwa syirik yang kecil tidak ada harapan untuk diampuni oleh Allah artinya dia harus diadzab supaya bersih dari dosa riya tersebut. Berbeda dengan dosa besar yang  ada di bawah kehendak Allah. Kalau Allah menghendaki maka akan diampuni langsung maka akan diadzab. Mereka berdalih dengan “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa yang lain bagi siapa yang dikehendaki”
                Taukah kita siapa orang yang pertama kali nanti akan dinyalakan api neraka dengan mereka? Mereka bukanlah preman-preman dijalan atau pembunuh yang kejam tapi mereka justru adalah orang-orang  yang beramal soleh. Mereka adalah orang yang mengajarkan Al Quran supaya dikatakan sebagai seorang yang qori seorang yang suka membaca, seorang yang mahir membaca, dan juga orang yang berinfak supaya dikatakan dermawan, dan berjihad supaya dikatakan sebagai seorang yang pemberani.
                Beramal bukan karena Allah sebagaimana hal ini dikabarkan dalam sabda nabi “Oleh karena itu ikhlaslah dalam beramal dan ikhlas adalah barang yang sangat berharga. Para salaf kita mereka merasakan beratnya memperbaiki hati mereka dan hanya kepada Allah kita meminta keikhlasan di dalam beramal, menjauhkan kita dari riya, sum’ah, ujub dan berbagai penyakit hati dan marilah kita biasakan menyembunyikan amalan kita kecuali kalau memang ada maslahat yang lebih kuat.

Comments

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest