Skip to main content

TAUHID 1


Belajar Tentng Tauhid
Oleh : Ahmad Mawardi


Materi tentang Tauhid ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Roy, MA merupakan salah satu ustadz dari Indonesia yang memberikan ceramah di Masjid Nabawi. Adapun materi Tauhid ini diperoleh dari kajian Halaqah Silsilah Ilmiyyah (HSI) merupakan salah satu washilah dalam mempelajari islam berbasis online. Tim HSI memberikan materi berupa audio berisi materi tertentu seperti materi tauhid ini kemudian para anggota/peserta dituntut untuk mencatat, mendengarkan dan mempelajarinya yang kemudian akan diuji lewat soal-soal yang diberikan di website. Berikut adalah materi yang saya rangkum menjadi satu, dan proses pembelajaran HSI masih terus berjalan. Semoga Bermanfaat!


Pembagian Materi dalam mempelajari Tauhid
1. Mengapa  kita harus  mempelajari  Tauhid
Mempelajari tauhid hukumnya Wajib bagi setiap muslim, Karena manusia diciptakan Allah untuk bertauhid yaitu mengesakan ibadah kepada Allah, Allah berfirman “Dan tidaklah Aku ciptakan manusia dan jin melainkan untuk beribadah kepadaKu’’ (Adz Dzariyat 56).
Allah telah mengutus Nabi dan Rasul kepada setiap umat tujuannya untuk mengajak mereka kepada tauhid. Allah berfirman “Dan sungguh sungguh kami telah mengutus kepada setiap umat seorang Rasul yang mereka berkata kepada kaumnya sembahlah Allah dan jauhilah Thogut, makna thogut adalah segala sesembahan selain Allah” (An Nahl 36)
Seorang muslim yang tidak memahami tauhid yang merupakan inti dari ajaran islam itu berarti dia tidak memahami agamanya meskipun ia mengaku mempelajari ilmu ilmu yang banyak.

2. Tauhid adalah syarat mutlak masuk kedalam syurga
Orang yang menginginkan kebahagiaan di syurga harus memiliki Modal bertauhid. Tidak akan masuk syurga seseorang kecuali yang bertauhid meskipun terkadang sebelumnya dia di azab kedalam neraka atas dosa yang dilakukannya.
Nabi bersabda “Barangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada yang patut disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan juga RasulNya
Dan bersaksi bahwa isa adalah hamba Allah dan juga Rasulnya dan kalimat yang Allah tiupkan kepada Maryam dan Ruh dari Allah Dan bersaksi bahwa syurga adalah benar dan neraka adalah benar maka Allah akan memasukkan dia ke dalam syurga sesuai dengan apa yang diamalkannya (HR Bukhari dan Muslim)
Dalam hadits lain Nabi bersabda : “sesungguhnya Allah telah mengharamkan neraka bagi orang yang mengucapkan laa ilaa haa illallah, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah yang dia mengharap dengan kalimat tersebut wajah Allah” (HR Bukhari dan  Muslim).

3. Bahaya Kesyirikan
Tauhid amalan yang Allah cintai, sebaliknya Syirik yaitu menyekutukan Allah didalam beribadah hal tersebut merupakan amalan yang Allah murkai. Allah memang maha pengampun akan tetapi bila Seseorang meninggal dunia dalam keadaan Syirik besar kepada Allah maka Allah tidak akan mengampuni dosa syirik tersebut, dia kekal didalam neraka selama lamanya dan tidak ada harapan baginya untuk masuk ke syurga, sungguh ini adalah kerugian yang tidak ada kerugian yang lebih besar dari pada kerugian ini. Allah berfirman “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan masih mengampuni dosa yang lain bagi siapa yang dikehendaki” (An Nisa 48)
Allah berfirman “Barang siapa yang menyekutukan Allah, maka Allah mengharamkan baginya Syurga dan tempat kembalinya adalah Neraka dan tidak ada penolong bagi orang orang yang dholim (Al Maidah 72)
Terkadang seseorang terjerumus dengan dosa ini sedangkan dia tidak menyadari. Bentengi  diri dengan perisai ilmu, yaitu ilmu agama, belajar dan berdoa kepada Allah dengan sejujur jujurnya, semoga Allah melindungi kita dari berbuat syirik.

4. Syirik membatalkan amalan
Pernahkah kita kehilangan file data berharga hasil kerja keras kita selama bertahun tahun? Bagaimana perasaan kita pada saat itu? Sedih bukan? Terkadang Kita akan berani membayar jutaan rupiah untuk mendapatkannya kembali.
Syirik adalah dosa besar yang bisa membatalkan amalan seseorang. Allah berfirman : “Telah diwahyukan kepadamu wahai Muhammad dan orang orang sebelummu bahwa apabila kamu berbuat syirik maka sungguh akan batallah amalan dan jadilah engkau termasuk orang yang merugi maka sembahlah Allah saja dan jadilah kamu orang orang yang bersyukur” (Az Zumar 65-66) Dalam ayat ini Seorang Nabipun  Apabila berbuat syirik maka akan batal amalannya
Oleh karena itu jagalah amalan anda yang sudah ditabung bertahun tahun jangan biarkan amalan tersebut hilang begitu saja hanya karena kejahilan anda terhadap tauhid dan juga syirik. Terkadang perbuatan yang kita anggap biasa akan menghancurkan amalan sebesar gunung dan belum tentu ada waktu lagi untuk menabungnya kembali.

5. Taubat dari Kesyirikan
Orang yang berbuat syirik dan dia meninggal dunia tanpa taubat kepada Allah maka dosa syirrik tersebut tidak akan diampuni namun apabila dia bertaubat sebelum dia meninggal dunia maka Allah akan mengampuni dosanya bagaimanapun besarnya dosa tersebut.
Taubat Nasuha adalah taubat yang memenuhi 3 syarat yaitu menyesal, meninggalkan perbuatan tersebut dan bertekad untuk tidak mengulanginya. Allah berfirman “Katakankah wahai hamba hambaku yang telah melampaui batas atas diri sendiri janganlah berputus asa dari Rahmat Allah sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya sessungguhnya dia maha pengampun lagi maha penyayang” (Az zumar 53)
Rasulullah bersabda “sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama ruh belum sampai ke tenggorokan” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Para sahabat tidak semua lahir dalam keadaan islam bahkan banyak diantaranya yang masuk islam ketika sudah besar Dan sebelumnya bergelimang dengan kesyirikan. Supaya tidak terjerumus kembali dalam kesyirikan seseorang harus mengetahui jenis kesyirikan sehingga dia bisa menjauhi kesyirikan tersebut.

6. Apa itu TAUHID
Tauhid menurut bahasa mengesakan, secara istilah yaitu mengesakan Allah di dalam beribadah seperti berdoa, bernadzar, menyembelih. Apabila ibadah tersebut diniatkan dengan menyerahkan sebagian ibadah selain kepada Allah maka itu merupakan syirik atau menyekutukan Allah didalam beribadah. Dalam surah al Zukhruf ayat 26-27 menyebutkan “Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapak dan kaumnya, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kalian sembah kecuali dzat yang telah menciptakan aku” (HR Ahmad). Rasulullah bersabda “Barang siapa yang mengatakan laa ilaa haa illallah dan mengingkari segala yang disembah selain Allah, maka haram hartanya, darahnya, perniagaannya dan perhitungannya atas Allah SWT”. 
Rukun kalimat tauhid
Nafi = kalimat pengingkaran yaitu pada kalimat  laa ilaa haa mengingkari tuhan selain Allah
Isbat = Menetapkan Allah sebagai satu satunya sesembahan pada kaliamat illallah

7. Termasuk syirik Memakai Jimat
Allah adalah dzat yang memberi manfaat dan mudhorot, kalau Allah menghendaki memberi manfaat kepada seseorang maka tidak akan ada yang bisa mencegahnya begitupula jika Allah mennghendaki menimpakaan musibah kepada seseorang maka tidak ada yang menolaknya.
Keyakinan tersebut melazimkan kita sebagai seorang muslim untuk hanya bergantunng kepada Allah dan merasa cukup dengan Allah dalam usaha untuk mendapat manfaat dan menghindari mudharat seperti dalam mencari rejeki, keselamatan, kesembuhan dll, tidak bergantung sekali kali dengan benda yang dikeramatkan seperti jimat wafaq, susuk dll. Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang menggantungkan Tamimah dan semacamnya maka dia telah berbuat syirik” (HR Ahmad)
Apabila meyakini bahwa barang tersebut adalah sebab atau perantara maka ini termasuk syirik kecil Karena dia menjadikan sesuatu yang bukan sebab sebagai sebab. Padahal yang berhak menentukan sesuatu itu sebab atau tidak adalah Dzat yang menciptakan yaitu Allah.
Apabila dia meyakini bahwa barang tersebut dengan sendirinya memberikan manfaat atau mudhorot maka itu adalah syirik besar yang bisa mengeluarkan seseorang dari islam

8. Bertabarruk atau mencari barokah
Barakah adalah banyaknya kebaikan dan langgengnya, Allah adalah dzat yang berbarakah artinya banyak kebaikannya. Allah berfirman “Dan Allah adalah dzat yang memberikan keberkahan atau kebaikan kepada sebagaian makhluknya sehingga makhluk tersebut menjadi makhluk yang berbarakah dan banyak kebaikannya”.
Allah berfirman : “Sesungguhnya rumah pertama yang Allah letakkan kepada manusia untuk beribadah adalah yang ada di makkah yang berbarakah menjadi petunjuk bagi seluruh alam” Ka’bah diberikan barakah dan cara mendapatkan kebaikannya yaitu beribadah disana.
Allah berfirman : “Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam yang berbarakah, sesungguhnya kami memberikan peringatan  malam Lailatul Qadar adalah malam yang berbarakah dan cara mendapatkan barakahnya adalah dengan beribadah di malam itu.
Seorang ulama berbarakah dengan ilmu dan dakwahnya, cara mendapatkan barakahnya yaitu dengan menimba ilmu kepadanya.
Disana ada barakah yang sifatnya dzatiyah yaitu dzatnya berbarakah dimana barakah seperti ini bisa berpindah. Barakah jenis ini hanya diberikan Allah kepada para Nabi dan Rasul. Oleh karena itu dahulu para sahabat bertabarruk dengan bekas air wudhu Nabi, rambut, keringat dll, sepeninggal beliau, mereka tidak melakukannya pada Abu Bakar, Umar dan para sahabat yang lain dimana ini merupakan kekhususan para Nabi dan Rasul.
meminta barakah adalah yang sesuai dengan petunjukNya. Adapun dengan meminta barakah kepada Allah dengan mengusap pada dinding tertentu dan mengambil tanah kuburan tertentu adalah syirik

9. Menyembelih untuk selain Allah termasuk Syirik Besar
Menyembelih, termasuk ibadah yang agung didalam agama islam, didalamnya ada pengagungan kepada Allah, merupakan wujud cinta dengan mengorbankan sebagian harta kita untuk Allah seperti Qurban, Aqiqah dan hadiyyun bagi sebagian jamaah haji. Allah telah memerintahkan kita dalam ibadah yang mulia ini untuk Allah sebagaimana dalam firmanNya “Maka Shalatlah dan sembelihlah untuk tuhanmu”. (Surat Al Kautsar : 2)
Apabila seseorang menyembelih kepada selain Allah misalkan untuk mengagungkan dan mendekatkan diri kepada Nabi, Wali atau kepada Jin maka dia terjatuh kedalam syirik besar yang mengeluarkan dari islam, membatalkan amalnya dan terkena ancaman laknat Sebagaimana Sabda Nabi “Allah melaknat orang yang sembelih untuk selain Allah” (HR Muslim) dan makna dari laknat adalah dijauhkan dari Rahmat Allah. Janganlah kita menyembelih sedikitpun untuk selain Allah meskipun dengan seekor lalat dengan harapan untuk mendapat manfaat dan terhindar dari musibah.

10. Termasuk Syirik bernadzar untuk selain Allah
Bernadzar yaitu ibadah dan sebagai bentuk pengagungan kepada Allah, contohnya saya mengatakan wajib bagi saya jika melakukan ibadah ini dan itu untuk Allah. misalnya saya bernadzar melaksanakan umrah jika telah diberi kesembuhan atau bernadzar untuk Allah jika hajat saya terkabulkan seperti dia bernadzar untuk puasa 1 hari  jika lulus ujian.
Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa : “Apa yang kalian nadzarkan dan infakkan, maka Allah mengetahuinya”. Allah mengabarkan mengetahui nadzar hambanya, Seorang muslim akan diberikan pahala atas nadzar tersebut dengan pahala yang baik. dan menunaikan nadzar apabila dalam ketaatan hukumnya adalah wajib. Berdasarkan Firman Allah “Dan hendaklah mereka menunaikan Nadzar Nadzar mereka”.
Sabda Nabi : “Barangsiapa yang bernadzar untuk mentaati Allah maka hendaknya dia menaatinya, dan barangsiapa yang bernadzar untuk memaksiati Allah maka janganlah dia memaksiatinya” (HR Bukhari). Bernadzar selain Allah maka termasuk syirik besar, misalkan bernadzar apabila sembuh dari penyakit maka dia bernadzar menyembelih untuk syaikh, wali dll

11. Arrukyah (jampi jampi)
Adalah bacaan yang dibacakan kepada orang yang sakit supaya sembuh, bacaan ini diperbolehkan asalkan tidak mengandung kesyirikan. Dari Auf Bin malik RA Kami dahulu biasa Rukiyah di zaman jahiliyah oleh karena itu kami bertanya kepada Rasululullah maka Rasulullah bersabda : “Perlihatkan Rukiyah kalian, sesungguhnya Rukiyah Rukiyah tidak mengapa selama tidak ada kesyirikan” (HR Abu Daud). Rukyah seperti ayat al Qur’an, atau doa yang diajarkan Nabi dan diketahui maknanya atau doa yang diketahui kebenaran maknanya, baik dengan bahasa Arab atau selain bahasa Arab. Hendaknya orang yang rukiyah atau yang di rukiyah mengetahui sebabnya karena Allah dan bertawakkal kepada Allah. Rukiyah yang mengandung kesyirikan yaitu rukiyah yang ditujukan bacaan yang  mengandung permohonan kepada selain Allah baik itu dengan wali atu jin, biasanya disebutkan nama nama mereka dan dicampur dengan nama Allah tujuannya untuk mengelabui orang yang tidak tahu. Rukiyah telah dijelaskan Rassulullah : “Sesungguhnya jampi jampi, jimat dan pelet adalah syirik”.

12. Berdoa kepada selain Allah adalah syirik besar
Berdoa kepada Allah adalah seseorang menghadap Allah dengan maksud agar Allah mengabulkan segala keinginannya, baik dengan meminta ataupun merendah diri, mengharap dan takut kepada Allah SWT. Berdoa dengan makna diatas adalah ibadah, berkata An Nukman RA “aku mendengar Nabi bersabda, Berdoa adalah ibadah, kemudian beliau Rasulullah membaca ayat yang artinya
Dan Rabb kalian berkata “Berdoalah kalian kepadaku sesungguhnya aku mengabulkan kalian sesungguhnya orang orang yang sombong dalam beribadah kepadaku mereka akan masuk kedalam neraka jahannam dalaam keadaan terhina” (HR Abu Daud, Tharmidzi dan Nasa’i)
Makna beribadah kepadaku adalah berdoa kepadaku. Termasuk jenis doa adalah
Istigosah meminta dilepaskan dari kesusahan
istiazah meminta perlindungan
Istianah meminta pertolongan
Boleh sesseorang, beristigosah, beristiazah dan istianah
1. makhluk tersebut masih hidup
2. dia berada didepan kita atau mendengar kita
3. dia mampu sebagai mahluk melakukannya
4. tidak boleh bertawakkal kepada sebab tetapi bertawakkal kepada Allah
Orang yang beristigosah, istiazah dan istianah kepada yang sudah mati atau masih hidup namun tidak ada di hadapan kita maka itu termasuk syirik besar.

13. Syafaat
Syafaat adalah meminta kebaikan bagi orang lain di dunia maupun di akhirat, Allah dan Rasulnya telah mengabarkan kepada kita adanya syafaat di hari kiamat.  Diantara bentuknya adalah Allah mengampuni seorang muslim dengan perantara doa orang yang telah Allah ijinkan utk memberikan syafaat.
Syafaat akhirat ini harus kita imani dan kita berusaha untuk meraihnya dan modal utama untuk mendapatkan syafaat akhirat adalah bertauhid dan bersih dari kesyirikan.
Rasulullah bersabda ketika beliau mengabarkan bahwasanya beliau memiliki syafaat pada hari kiamat, beliau mengatakan “Syafaat itu akan di dapatkan insya Allah oleh setiap orang yang mati dari umatku yang tidak menyekutukan Allah sedikitpun” (HR Muslim)
Merekalah adalah orang yang Allah Ridhoi karena ketauhidan yang mereka miliki, Allah berfirman “Dan mereka (para Nabi, malaikat dan lain) tidak memberikan syafaat kecuali bagi mereka yang Allah Ridhoi (QS Al Anbiya 28)  
Syafaat di akherat berbeda dengan di dunia karena seseorang pada hari kiamat tidak bisa memberikan syafaat kepada orang lain kecuali setelah  diizinkan oleh Allah SWT sampai meskipun dia adalah seorang Nabi maupun malaikat sekalipun. Sebagaimana firman Allah “Tidaklah ada yang memberikan syafaat di sisi Allah kecuali dengan izinnya” oleh karena itu permintaan syafaat hanya ditujukan kepada Allah zat yang memilikinya Seperti seseorang yang berdoa mengatakan Aku meminta syafaat Nabi, ini meminta syafaat yang dipebolehkan, bukan dengan meminta langsung kepada Nabi seperti mengatakan Ya Rasulullah berikan aku syafaatmu atau dengan cara menyerahkan sebagian ibadah kepada makhluk dengan tujuan meminta syafaat darinya Karena cara cara seperti ini cara yang dilakukan kaum musyrikin zaman dahulu
Allah berfirman dan artinya “Dan mereka menyembah selain Allah sesuatu yang tidak memudharati mereka dan tidak pula memberikan manfaat dan berkata mereka adalah yang memberikan syafaat bagi kami disisi Allah, katakaanlah apakah kalian akan mengabarkan kepada Allah sesuatu yang Allah tidak ketahui di langit dan di bumi, Mahasuci Allah yang Maha Tiggi dari apa yang mereka sekutukan”.

14. Berlebihan terhadap orang Soleh adalah pintu kesyirikan
Orang yang soleh adalah orang yang baik karena mengikuti syariah Allah, Baik dalam hal aqidah, ibadah maupun muamalah, mereka memiliki derajat yang berbeda di sisi Allah.
Kita sebagai muslim diperintahkan untuk mencintai mereka, mengikuti jejak mereka dalam kebaikan, Berteman dan bermajelis dengan mereka adalah sebuah keberuntungan, membaca perjalan hidup mereka bisa menambah keimanan dan menambah teguh hati kita, menghormati mereka diperintahkan selama masih dalam batas yang diijinkan agama.
Namun berlebihan terhadap orang yang soleh seperti mendudukkan mereka diatas kedudukannya sebagai manusia, atau menyifati mereka dengan sifat yang tidak pantas kecuali untuk Allah hukumnya haram karena menjadi pintu kesyirikan dan penyerahan sebagian ibadah selain kepada Allah.
Mencintai Rasul melebihi mencintai orangtua, anak dan manusia lainnya adalah kewajiban agama sebagaimana dalam hadits namun beliau melarang kita berlebihan terhadap beliau dengan mendudukkan beliau diatas kedudukan beliau yang sebenarnya yaitu sebagai hamba Allah. Beliau bersabda : “Janganlah kalian berlebihan terhadapku sebagaimana orang nasrani berlebihan terhadap Isa, sesungguhnya aku adalah hambaNya maka katakanlah Hamba Allah dan Rasulnya” (HR Bukhari)
Beliau hamba Allah maka tidak boleh disembah, dicela dan diselisihi. Apabila berlebihan terhadap Rasul tidak diperbolehkan apalagi terhadap yang lain, diantaranya meyakini mereka mengetahui ilmu ghoib, membangun diatas kuburan mereka, atau beribadah kepada Allah disamping kuburan mereka, yang paling parah menyerahkan sebagian ibadah kepada mereka.

15. Sihir
Sihir bermacam macam jenisnya, sihir yang merupakan kesyirikan yaitu yang terjadi dengan meminta pertolongan kepada syaitan, dan syaitan tidak akan menolong seseorang kecuali setelah melakukan perkara yang dia ridhoi yaitu kufur kepada Allah dengan cara menyerahkan sebagian ibadah kepada Syaitan tersebut atau dengan menghina Al Qur’an atau mencela agama dll.
Allah berfirman : “Dan bukanlah Sulaiman yang kafir akan tetapi syaitan lah yang kafir mereka mengajarkan sihir kepada manusia”. Nabi bersabda yang artinya “Jauhilah 7 perkara yang membinasakan, para sahabat bertanya apa 7 perkara tersebut maka beliau mengatakan syirik kepada Allah, sihir dll” (muttafakun alaih)
Hukuman bagi tukang sihir jenis ini yaitu hukuman mati bila dia tidak bertaubat sebagaimana telah dicontohkan sahabat dan yang berhak melakukan hukuman tersebut adalah pemerintah yang sah bukan individu
Mempelajari sihir termasuk perkara yang diharamkan bahkan sebagian ulama menghukumi pelakunya keluar dari islam demikian pula meminta supaya di sihirkan perbuatannya haram karena Rasulullah mengabarkan bahwa “Bukan termasuk pengikut beliau orang yang menyihir dan meminta disihirkan”.
Sebagaimana sebuah riwayat yang diriwayatkan Al Bazzar yang dalam musnadnya disahihkan oleh imam Al Bani  Muslim hendaknya mengambil sebab untuk membentengi diri dari sihir diantaranya  dengan Menjaga dzikir pagi dan petang, dzikir setelah solat lima waktu, zikir hendak tidur, mau makan, keluar masuk rumah, zikir saat keluar masuk kamar kecil”. Dan membersihkan diri dan rumah dari perkara yang membuat ridho syaitan seperti jimat, musik, gambar makhluk bernyawa dll. Dan apabila qadarullah terkena sihir maka hendaknya bersabar, merendahkan diri kepada Allah, memohon darinya kesembuhan, dan berpegang dengan rukiyah yang di syariatkan dan jangan sekali kali dia menghilangkan sihir dengan meminta bantuan jin secara langsung atau lewat dukun, para normal dan semisalnya. kelanjutan Tauhid 2 baca disini dan kelanjutan Tauhid 3 (selesai)

 

Comments

Popular posts from this blog

HATI HATI PENIPUAN VENDOR / KONVEKSI ATAS NAMA PT PAMA PERSADA

PENIPUAN ATAS NAMA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Oleh : Ahmad Mawardi Saya akan menceritakan pengalaman saya yang saya ketahui belakangan kalau ini adalah penipuan yang mengatas namakan Purchasing PT PAMA PERSADA NUSANTARA. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang konveksi dengan skala nasional yang memiliki website sehingga mudah di akses oleh siapapun. Adapun kronologi nya yaitu : Tanggal 25 April 2019 Saya di telepon oleh orang yang mengatas namakan PT Pamapersada di Sangatta Kalimantan timur hendak memesan jaket untuk keperluan event pegawai Pama sebanyak 15.000 pcs di bulan September. Adapun bahan yang diminta yaitu bahan taslan dan nanti gambarnya akan di kirimkan via whatsapp.  Saya menerima dengan hangat penawaran tersebut dan menyanggupinya tanpa ada curiga karena memang dari pengalaman selama ini saya biasa menerima customer konveksi melalui WA/telepon/email. Selanjutnya setelah selesai telepon dia mengirimkan gambar jaketnya beserta spesifika

Dysplasia Developmental of the Hip (DDH) Bagian 2

Foto hasil rontgen penderita DDH Tanda dan Gejala Bayi Hip dysplasia pada bayi yang paling sering ditemukan pada saat pemeriksaan baru lahir oleh dokter tapi displasia dan dislokasi dapat berkembang setelah beberapa bulan kelahiran. Hal ini juga sulit untuk dideteksi karena hip dysplasia dikenal sebagai "silent" kondisi. Tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi sehingga kebanyakan orangtua tidak menyadari adanya kelainan tersebut. Biasanya orangtua baru mengetahui pada saat anak sudah mulai belajar jalan atau jikalau sudah berjalan, jalannya tidak baik dan salah satu kakinya terseret seret. Baca kelanjutannya di DDH bagian 3  dan baca yang terakhir di DDH bagian 4  atau kembali ke DDH bagian 1 untuk informasi penyebab DDH Oleh sebab itu, orangtua harus sangat jeli memperhatikan untuk mengetahui gejala ini. Adapun tanda tanda yang bisa kita lihat yaitu : Asimetris atau kaki panjang sebelah  asimetris lipatan bokong Maksud dari asimetri

REVIEW KURSUS BAHASA ARAB DI LIPIA 2018

Informasi bagi yang ingin kursus bahasa Arab di LIPIA Jakarta Oleh : Ahmad Mawardi Kelompok Kelas Bahasa Arab Mustawa 1 A Tujuan penulisan ini yaitu memberikan informasi kepada teman teman pembaca yang ingin mendaftar kursus bahasa arab di LIPIA. Pada saat saya mendaftar pertama kali di LIPIA, informasi seperti ini sedikit sekali bahkan hanya 2 blog saja yang membahasnya, itupun bahasannya sangat sedikit, sehingga saya kesulitan mendapatkan gambaran awal tentang kursus di LIPIA. Sekarang saya akan membahas mengenai “keseruan” kursus di LIPIA yang dapat menambah semangat teman teman agar bisa ikut dan mempelajari bahasa Arab di LIPIA. Formulir Pendaftaran kursus bahasa arab LIPIA A. PROSES PENDAFTARAN SEBELUM KURSUS Pada tanggal 3-4 Februari 2018 lalu dibuka pendaftaran kursus bahasa Arab di LPIA Jakarta. Jadwal pagi sampai siang khusus ikhwan dan siang sampai sore untuk akhwat. Pada tahun 2018 ini kursus bahasa Arab di LIPIA dikenakan biaya Rp. 1.000.000 per semest